Berita,  Sosial

Fitra dan Ombudsman Berkomitmen, Sumut Harus Lebih Baik, Masyarakat Harus Ikut Andil

Fitra bersama dengan Ombudsman melakukan diskusi publik mengenai Layanan Aspirasi Pengaduan Online (LAPOR!) dan Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) di Sobat Koffee Jalan SM. Raja Medan, Jum’at (27/9/2019).

Tujuan di lakukannya Diskusi ini untuk pemahaman masyarakat dan organisasi yang hadir di acara tersebut akan pentingnya pelayanan publik di tegakkan di pemerintahan guna pelayanan yang lebih baik.

“Semakin banyak laporan masyarakat semakin baik buat pemerintah untuk mmperbaiki dan jangan takut membuat laporan terhadap berbagai persoalan yang ditemukan, karena kritik dan saran melalui informasi disampaikan akan ditindak lanjuti untuk perbaikan,”ujar Rurita Ningrum.

“Yang terpenting bagi kita, jangan takut dan fitnah membuat laporan terhadap hal-hal yang ditemukan, karena itu bukan berarti menjelekkan,”ujarnya Rurita seraya memberi pengetahuan tetang teknis pengisian Aplikasi Lapor!.

“Sesuatu yang ditemukan bisa dilaporkan, karena itu bentuk bagian layananan publik,maka semakin banyak laporan semakin baik, ujar Abyadi Siregar selaku kepala Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara.

Abyadi menambahkan, sudah lama menindaklanjuti sesuai Aplikasi Lapor, salah satu indikasinya sejak 2013 seluruh instansi pemerintah diminta untuk membangun aplikasi lapor yang berbasis nasional dan tahun 2015 Aplikasi Lapor dengan istrumen dari seluruh Kementerian.

“Layanan publik yang berbasis digital harus menyentuh masyarakat bawah. Aplikaasi pemerintah itu harus memberikan pelayanan masyarakat bawah misalnya KTP dan lain sebagainya.

Tapi kenayataannya banyak k orang pustasi buruknya layanan publik yang dilakukan pemerintah,”ujar Abyadi.

Baginya banyak anggaran yang bisa dimonitor penggunaannya.Karena itu, berbagai persoalan yang ditemukan perlunya komunitas untuk mendiskusikannya.

“Diperlukan jejaring, saling berkomunikasi terhadap yang lain dan jangan dihadapi sendiri agar disahuti. Dengan pola seperti itu akan ada jalan keluar dan akan mendapat respon dari pemerintah,”kata Abyadi

NETE adalah singkatan dari Numpang Tenar, yuk follow saya, suka mencari sensasi dan hal baru