Kesehatan mata
Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Mata, Lakukan ini Jika Tidak Ingin Menyesal.

Sebagai “jendela dunia”, kesehatan mata tentu tak boleh disepelekan. Bukan hanya tubuh yang bisa kelelahan, mata pun bisa merasakan kondisi yang sama.

Inilah mengapa perawatan mata tak kalah penting.

Kontribusi mata terhadap kehidupan setiap orang begitu besar. Karenanya, rawatlah kesehatan mata dengan baik dengan melakukan cara-cara di atas.

Selain itu, ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih sehat sehingga tak hanya kesehatan mata, kesehatan tubuh pun turut terjaga.

Bayangkan, sehari-harinya mata terus bekerja dengan fokus pada laptop, smartphone, membaca buku, menonton televisi, dan lain-lain.

Banyak orang yang tak menyadari betapa beratnya mata dalam menopang aktivitas sehari-hari.

Ketika tubuh terasa lelah, salah satu solusinya adalah dengan tidur. Sayangnya, perawatan mata membutuhkan lebih dari tidur.

Jaga pola makan

Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C, dan vitamin E.

Anda dapat memenuhi kebutuhan zat-zat gizi tersebut dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, dan masih banyak lagi. Konsumsi juga ikan laut yang tinggi omega-3 seperti salmon, tuna, telur, dan kacang-kacangan, Konsumsilah lemon, jeruk, atau stroberi demi kesehatan mata.

Mata juga butuh istirahat.

Bayangin aja aktifitas kita sehari-hari, menatap hp, komputer, televisi, kena debu, hal ini dapat memperburuk kierja mata kita sehingga lelah.

Kebiasaan ini bisa membuat pandangan kabur, mata sulit fokus, mata kering, hingga nyeri kepala dan tengkuk. Untuk anak-anak, kebiasaan ini juga berpotensi menyebabkan mata minus makin bertambah.

Periksakan mata secara rutin.

Untuk memastikan mata tetap sehat, lakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 6 bulan sekali. Ini karena tidak semua penyakit mata memiliki keluhan. Misalnya saja glaukoma. Meskipun tak bergejala, tapi penyakit tersebut bisa menyebabkan kebutaan.

Bapper.id berusaha semaksimal untuk menyajikan artikel yang bermanfaat, Semoga bapper.id akan terus berinovasi menyajikan informasi dunia maya.

Leave a Reply