Penyebab hernia, dan cara mengatasi hernia
Kesehatan

Penyebab Penyakit Hernia, Macam macam Hernia

Hernia paling umum terjadi di perut, tetapi penyakit ini bisa terjadi pada bagian paha atas, pusar, bahkan di daerah selangkangan
Hernia sering disebut dengan turun berok di kalangan indonesia, Kondisi tersebut dikenal dengan penyakit hernia dalam dunia medis.

Gangguan kesehatan ini terjadi ketika ada organ yang mendorong melalui lubang otot atau jaringan yang menahannya. Misalnya, usus yang menembus area lemah di bagian dinding perut

Penyebab Hernia adalah kelemahan dan ketegangan otot. Bergantung pada penyebabnya, hernia bisa berkembang dengan cepat atau memakan waktu yang lama. Penyebab umum hernia adalah usia, batuk, kerusakan akibat cedera atau operasi, hamil, sembelit, dan banyak lagi.

Jaringan ikat tubuh seharusnya cukup kuat untuk menahan organ tubuh di dalamnya agar tetap berada di posisinya masing-masing. Namun, beberapa hal menyebabkan jaringan ikat melemah sehingga tidak dapat menahan organ di dalamnya dan mengakibatkan hernia.
Gejala Hernia

Gejala hernia bervariasi, tergantung lokasi dan tingkat keparahan. Hernia di perut atau selangkangan ditandai dengan munculnya benjolan atau tonjolan yang dapat hilang ketika berbaring. Namun, benjolan dapat muncul kembali ketika penderita tertawa, batuk, atau mengejan. Gejala hernia lainnya adalah:

Nyeri di area benjolan, terutama ketika mengangkat atau membawa benda berat.
Rasa berat dan tidak nyaman di perut, terutama ketika membungkuk.
Konstipasi.
Ukuran benjolan semakin membesar seiring waktu.

Hernia hiatus juga ditandai dengan gejala nyeri dada, sulit menelan (disfagia), dan heartburn. Segera periksakan diri ke dokter, terutama jika mengalami gejala rasa nyeri hebat dan muncul secara tiba-tiba, muntah, sulit buang air besar, serta benjolan mengeras, sakit ketika disentuh, dan sulit didorong masuk.

Macam-macam Penyakit Hernia

  1. Hernia Inguinalis
  2. Hernia Hiatal
  3. Hernia Umbilikalis
  4. Hernia Insisional

Bapper.id berusaha semaksimal untuk menyajikan artikel yang bermanfaat, Semoga bapper.id akan terus berinovasi menyajikan informasi dunia maya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *